Day trip to Ginzan Onsen

Setelah 1218 tahun ngga melanjutkan blog ini, mari kita mulai isi tipis-tipis dengan secuil informasi yang bisa dibagikan seputar Jejepangan. Kali ini mau share hilight trip di 2020 ke Ginzan Onsen, karena emang udah lamaaa banget pengen ke sini dan baru kesampean di Desember 2020.

Sekalian juga wisata per-Ghiblian karena konon ini jadi salah satu inspirasi Spirited Away. Dan memang cantik banget, apalagi kalau udah malem.

Konon Spirited Away terinspirasi dari Notoya Ryokan di sini

Ginzan Onsen sendiri cuma satu baris desa ryokan yang mana bisa kamu habiskan cuma dengan 30 menit wara-wiri di sini. Hal yang bisa kamu lakukan di sini cuma foto-foto, ke onsen, makan, atau mungkin nginep di ryokan. Jadi trip satu hari ke sini sangat mungkin dilakukan tapi kalau emang mau sekalian staycation kayanya satu malem juga udah cukup.

Cara menuju Ginzan Onsen

Via Yamagata Shinkansen dari Tokyo Station -> Oishida Station -> Bus

  • Pilih stasiun tujuan Oishida
  • Waktu tempuh 3 jam untuk sampai Oishida Station, naik bus ke Ginzan Onsen kurang lebih 40 menit
  • Covered with JR Pass atau JR Welcome Pass (12,000 Yen untuk unlimited ride 3 hari bisa dibeli di Japan)
  • Bus fare 720 yen harus bayar pake cash ngga bisa pake IC Card (pasmo/suica)
  • Important notes: Cek jadwal bus di website dan make sure cocokin jadwal shinkansen biar ngga kelamaan nunggu. (Shinkansen timetable)
Jadwal bus dari Oishida ke Ginzan Onsen. Minimalis sekali bukan?

Via Yamagata Airport

  • Cari penerbangan domestik (biasanya ANA) dengan tujuan Yamagata Airport
  • Dari Yamagata Airport ada shuttle bus tapi perlu dicatet juga timetable-nya, bisa cek di sini
  • Opsi lain bisa sewa mobil, jarak tempuh dari Yamagata Airport ke Ginzan Onsen sekitar 36 km waktu tempuh 50 menit
  • Untuk car rental bisa cek opsi-nya di sini

Untuk opsi rental mobil dari Oishida Station bisa cek via web ini.

Best time to visit:

Jelas sih winter dan kalo bisa kalo saljunya udah numpuk, ini biasanya terjadi kalo udah salju beberapa hari. Penting banget buat cek weather forecast. Kalo mau yakin bisa pantengin live camera di Ginzan Onsen, bisa cek di sini.

Selain itu untuk dapetin foto cakep, wajib banget nunggu sampe setelah sunset.

Day trip or One Day Trip

Day trip ke Ginzan Onsen sangat possible, kamu bisa pergi dari Tokyo naik shinkansen paling pagi ke Oishida, nyambung bus yang jam 12.35, kemudian balik ke Oishida Station pakai bus terakhir jam 18.21. Please note bus terakhir ini biasanya penuh dan opsi lain adalah naik taksi yang cost-nya bisa 10,000 yen sekali jalan. Dan karena Ginzan Onsen out of nowhere, better antri bus 30 menit sebelum atau bisa rental mobil kalau mau flexible.

Kalau berniat untuk one night stay di sini, usahain book dari jauh-jauh hari karena ryokan di sini jumlahnya terbatas. Yang paling populer ada Ginzanso, Kosekiya Annex, Notoya Ryokan, selengkapnya bisa cek di sini.

Selain foto-foto aktifitas lainnya yang dilakukan di sini, onsen dan leyeh-leyeh aja. Karena ngga banyak resto juga di area sini. Buat yang book ryokan biasanya udah termasuk dinner dan breakfast, jadinya ngga perlu bingung cari makan.

Buat yang day tripper dan malesn ngonsen, bisa cobain free foot bath di pinggiran sungai.

Jadi kalo ditanya sebenernya worth to visit ngga? Buat yang emang pengen hunting foto dan pengen ngerasain staycation di ryokan with a view ya sangat worth to visit. Pesan-pesan, kalau mau ke sini memang sebaiknya ngga sendirian jadi bisa share cost rental mobil atau bisa share cost kalau mau nginep di ryokan. Dan paling penting harus cari timing yang cuco kalo mau ke sini.

Kemarin karena merasa terlalu jompo untuk day trip Tokyo – Yamagata – Tokyo, akhirnya memutuskan buat nginep semalem dulu di sekitaran Yamagata dan nemu satu hotel di deket Murayama Station. Sebenernya banyak area Yamagata lain yang bisa diexplore, ada Zao Onsen, Yamadera, dan beberapa area lain yang bisa dicek di sini. Tapi karena transport-nya agak susah dan males mikirin waktu dan sebagainya jadi dicukupkan dengan ke Ginzan Onsen aja hehe. Ya begitulah ulasan singkat Ginzan Onsen, semoga bermanfaat!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s