Lop Buri Sunflower Trip 🌻🌻

Setelah lama banget ngga nulis ulasan trip, karena emang ngga banyak trip dan terlalu sibuk dengan hal duniawi, so let’s hit one last story on 2017 from our latest trip to Thailand.

Nah jadi kalo yang udah pada liat di instagram story saya, beberap waktu lalu kami mampir ke Lop Buri dengan tujuan utamanya liat padang sunflower di kota ini. Banyak banget yang tanya, di mana lokasinya dan cara ke sananya gimana. Nah berikut ulasannya.

1. Padang bunga matahari ada di mana saja sih? Mekar setiap saat?

Di Thailand sendiri ada tiga kota yang terkenal dengan sunflower fields, Khao Yai, Saraburi dan Lop Buri. Keduanya ini bisa ditempuh via jalur darat sekitar 2-4 jam.

Sunflower yang ada di Thailand ini umumnya mekar di sekitar bulan November hingga Januari. Dan ternyata satu padang sunflower dengan padang lainnya punya siklus beda-beda setiap 7-14 hari. Jadi sangat disarankan saat tiba di Lopburi atau Saraburi bisa cari guide lokal yang paham di area mana sunflower sedang mekar cantik-cantiknya.

2. Kenapa pilih ke Lop Buri?

Sebenernya ngga ada alasan spesifik sih karena sebelum kami ke sana, sempet baca beberapa review dan ternyata ke Lop Buri ini lebih affordable ketimbang ke Saraburi. FYI di Saraburi ini lebih turistik, ada paket sunflower trip dari Bangkok dan lengkap dengan tour keliling sunflower fields di Saraburi. Kalo penasaran bisa cek di sini: Saraburi Tour.

3. Jadi gimana sih cara ke Lop Buri?

Ada dua cara yang bisa ditempuh, pertama naik bus dan kedua tentunya naik kereta. Opsi kedua ini kami pilih karena emang pengen nyobain aja kereta jarak jauhnya Thailand dan menurut beberapa sumber, sangat mudah cari tour atau guide saat tiba di stasiun Lop Buri.

Stasiun Hua Lam Phong

Kereta menuju Lop Buri ini bisa dibeli tiketnya langsung di Hua Lam Phong Station atau via online. Harganya tergantung kelas yang dipilih, mulai dari kelas ekonomi dan bisnis. Jadwal dan harga bisa diakses di sini: Bangkok Train Schedule

Kemarin kami beli tiket untuk kelas ekonomi tanpa nomor duduk seharga 100 baht untuk dua orang dengan jadwal keberangkatan jam 7 pagi dari Hua Lam Phong dan tiba jam 10 pagi di stasiun Lop Buri.

Jangan kaget, kereta ngaret hal yang biasa. Kalo boleh dibandingin untuk kereta jarak jauh di Thailand ini bentukannya seperti kondisi kereta jarak jauh di Indo sekitar 7 tahun lalu.

Bentukannya kaya di atas. Untuk tiket tanpa nomor kursi bebas mau duduk di mana aja, tapi jangan kaget kalo kamu tiba-tiba digusur karena ada beberapa tiket yang kayanya sih buat jarak jauh dijual dengan nomor kursi.

Oiya keretanya ini akan berhenti di hampir setiap stasiun jadi prepare aja untuk cemilan biar ngga bosen. Jangan lupa bawa jaket karena kereta yang ngga ada ac ini ternyata lebih dingin karena angin bulan Desember yang semriwing banget.

4. Mencari guide atau sewaan mobil

Sekitar jam 10.30 pagi akhirnya kami sampi di stasiun Lop Buri. Oiya di dalem kereta ngga ada announcement kalo kereta udah mau sampai di stasiun Lop Buri, jadi baiknya kita bisa nyalain google maps dan bisa siap-siap kalau udh mau sampai tujuan.

Oke, stasiunnya ngga gede-gede amat tapi super bersih dan chill. Kalo pernah ke Sukabumi nah ini mirip banget suasananya.

Nah gimana cara nemuin sewaan mobil dan guide buat ke sunflower fields? Gampang banget karena banyak abang-abang yang udah nunggu di luar sambil teriak-teriak “Sunflower fields?!”

FYI abang-abang sini minim banget yang bisa Bahasa Inggris jadi maksimalkan kemampuan bahasa isyarat. Jangan lupa buat nawar sebisanya. Untuk harga ada yang buka di 200-300 baht per orang, ini semua tergantung kita mau sewa untuk berombongan atau ngga, makin sedikit maka tarifnya makin gede.

Untungnya kemarin kami ketemu mba-mba turis Malaysia yang memang mau ke Lopburi juga, alhasil kami berhasil dapetin harga 200 baht per orang untuk ber-5 orang. Mobilnya KIA Carrens, lumayan enak.

FYI lagi dari stasiun ke area field akan ditempuh sekitar 25 menit. Jangan lupa nyuruh abangnya bawa ke fields yang lagi mekar-mekarnya.

5. Taraaa finally sunflower fields

Oiya sebelum sampe ke sunflower fields kita bakalan lewati beberapa candi tua di sekitaran area stasiun. Selain daya tarik sunflower dan candi-candi tua, Lop Buri juga terkenal dengan city of monkey, karena di area candi-candi ini banyak banget monyet-monyet berkeliaran bahkan mereka bebas ke sana kemari di jalan raya.

Lop Buri ini sebenernya ngga kecil-kecil amat, terbukti dengan banyaknya supermarket besar kaya Tesco dan Big C. Suasana kotanya chill dan sepertinya ngga ada kemacetan.

Kemarin kami dibawa ke satu area yang memang banyak sekali padang sunflower-nya tapi menurut guide kami di sini sedang tidak bagus. Alhasil kami cuma beli beberpa produk olahan bunga matahari dan kemudian lanjut ke spot lain.

Nah ini dia sunflower field kalo yang kata google map ada di daerah Nikhom Sam Ton Eng. Di bagian depannya mampak jejeran bunga matahari yang udah layu, jadi untuk menuju ke area yang lagi mekar harus jalan agak ke dalem yang mana bakalan lewatin batang-batang layu si bunga matahari ini.

Tips, jangan make celana pendek biar ngga kegesek-gesek dengan batang bunga matahari yang lumayan bisa bikin lecet.

Kebetulan hari itu Lop Buri lagi cerah-cerahnya dan cukup berangin, jadi jangan lupa siapin jaket juga.

Kemudian, yang terpenting sih jangan metik bunganya ya. Saat kita jalan di dalam padangnya pun wajib banget hati-hati biar ngga nginjek batang si bunga matahari.

Estimasi waktu buat nikmatin keindahan di sunflower fields sih kalo cuma sekedar foto-foto, 30 menit juga udah cukup. Kaya kemarin, kami sampai jam 11-an dan jam 11.30 udah jalan balik lagi ke stasiun.

Nah berikut kisaran budget one day trip ke Lop Buri yang bisa dijadikan patokan:

– Tiket kereta Hua Lam Phong – Lop Buri PP 100 baht/orang

– Guide sekaligus sewa mobil 200 baht/orang

– Beli produk olahan bunga matahari 50 baht

– Makan atau jajanan 100 baht/orang

Total sekitar 450 baht per orang atau kalo di rupiahin sekitar Rp 185 ribu. Estimasi waktu kira-kira bakalan ngabisin setengah hari kamu. Misalnya jalan jam 7 pagi dari Bangkok dan tiba kembali di jam 4 sore di Bangkok.

Kemarin kami pergi dengan kereta pagi jam 7.00 dan pulang naik kereta jam 12.30 siang.

Sekian ulasan untuk sunflower trip ke Lop Buri, sampai jumpa di cerita selanjutnya!

Happy New Year!

🌻🌻🌻🌻🌻🌻

Advertisements

3 thoughts on “Lop Buri Sunflower Trip 🌻🌻

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s