Tips mengambil uang via ATM di luar negeri

Selain tiket, paspor, visa, urusan tukar menukar uang menjadi mata uang tempat negara kita tuju pun seringkali bikin pusing dan bingung. Bingung apakah uang yang sudah kita persiapkan bakalan cukup atau tidak saat kita plesir nanti. Well some of people, selain mengandalkan cash yang sudah disiapkan, menggantungkan juga pada credit card — the universal payment tools. Tapi kalau ngga punya kartu kredit gimana dong? Nah ini ada sedikit tips yang mungkin bisa kita petik manfaatnya.

11231689_10207524053287261_42536098437426410_n

Tukar uang di money changer atau ambil di ATM?

Banyak spot-spot tourism yang menyediakan fasilitas money changer, tapi kadang rate-nya tidak bersahabat, apalagi kalau yang mau ditukarkan adalah nilai rupiah. Belum lagi penjualan uang palsu pun cukup marak. Saat saya ke Guangzhou misalnya, seorang teman menyarankan saya mengambil uang tunai alih-alih menukarkan ke money changer. “Jangan deh pokonya, ke Hongkong juga mending ambil di HSBC aja, rate-nya pun ngga jauh-jauh amat,” ujarnya.

Dan mungkin anjuran ini bisa juga diberlakukan di negara lain, taruhlah Malaysia yang mana kita bisa lebih mudah mengidentifikasi bank mana saja yang punya benang merah dengan bank yang kita pakai. Sebut saja Maybank atau CIMB Niaga yang memang gampang banget ditemukan ketimbang mencari money changer.

Apa yang perlu diperhatikan saat mengambil uang di ATM luar negeri?

Cari logo ATM Prima / ATM Bersama / ATM Cirrus / VISA / PLUS

Pertengahan Mei 2015 saya kembali ke sana berdua dengan kawan baik saya. Kebetulan dia kehabisan uang di tengah jalan sehingga mengharuskan dia untuk menukar uang. Karena yang dia punya adalah ATM Bank Mandiri, terlebih dahulu dia mencari ATM dengan logo Prima atau ATM Bersama yang banyak ditemukan di Kuala Lumpur. Salah satu Bank yang bisa digunakan untuk mengambil uang dari Bank Mandiri adalah ATM Maybank. ATM Maybank yang berwarna kuning mencolok ini pun sangat mudah ditemui di berbagai tempat seantero Kuala Lumpur atau sebagian besar kota di Malaysia.

Ini bisa menjadi opsi terbaik ketimbang kamu mencari Pengurup Wang Berlesen atau Authorized Money Changer karena rate yang mereka berikan biasanya tidak sebagus di ATM.

Maybank sendiri mematok rate yang cukup baik saat mengambil dari ATM dan prosedurnya pun mudah. Kamu tinggal memasukkan kartu ATM, lalu memilih bahasa, Melayu atau Inggris, lalu masukkan PIN seperti biasa. Setelah itu kamu tinggal milih apa yang akan milih lakukan, tapi jaga hasrat kamu untuk mengecek ini itu, karena bisa berujung pada potongan yang lebih besar. Pastikan kamu yakin mengenai jumlah uang yang kamu miliki di tabungan, lalu kamu hitung terlebih dahulu kira-kira berapa total uang kamu jika dikonversikan ke Ringgit.

nyari ATM dibelantara manusya

nyari ATM dibelantara manusya

Ingat, ada biaya administrasi penarikan di luar negeri

Masing-masing bank menetapkan biaya administrasi berbeda-beda. Biasanya mulai Rp 25.000 – Rp 50.000 tergantung juga dengan afiliasi mana kamu menarik tunai.

Pastikan kamu yakin mengenai jumlah uang yang kamu miliki di tabungan, lalu kamu hitung terlebih dahulu kira-kira berapa total uang kamu jika dikonversikan ke Ringgit. Jangan gunakan kurs di Indonesia, tapi coba tambahkan sekitar Rp. 200-400 dari kurs beli yang berlaku di Indonesia. Lalu tambahkan Rp. 50.000 dari totalnya untuk charge administrasi. Setelah itu, voila, masukkan ke ATM jumlah dalam Ringgit, lalu keluar lah uang tersebut dari tabungan kita.

Kalau tidak salah ingat, teman saya mengambil sekitar RM150 dan setelah dicheck di Internet Banking dan dikonversikan, ternyata kursnya tidak terlalu buruk, Rp.3.800 per RM1, kurs di Indonesia saat itu sekitar Rp. 3.635. Artinya, perbedaannya hanya Rp. 165 saja. Meski demikian, uang di tabungannya terpotong Rp. 50.000 untuk administrasi tadi.

Cek batas minimal tarik tunai

Ini penting guys, karena biasanya bank-bank tempat kita mengambil uang menetapkan minimum penarikan uang. Misalnya saya di Hongkong tarik tunai di HSBC dengan ATM BCA. Minimum penarikan tunai adalah 150 HKD, ditambah administrasi sekitar Rp 40.000 (please googling ya,ini udah agak lupa). Lain lagi di Guangzhou, saat itu saya tarikt tunai dengan ATM BCA di ATM ABC Bank, tidak ada minimal jumlah penarikan, tetapi setidaknya saldo kamu di ATM melebihi Rp 300-Rp 500 ribu.

Setelah mengambil uang di ATM ada baiknya kamu lakukan cek saldo dan ada baiknya juga kamu melakukan ini melalui ebanking yang ngga akan nge-charge kamu apapun selain kuota internet.

Hindari menarik uang tunai berkali-kali di ATM luar negeri

Karena charge administrasi cukup besar, jadi please be wise. Hitung secara matang jumlah yang mau diambil, jadi kamu ngga perlu bolak-balik ambil uang.

Nah mengambil ATM di luar negeri memang menjadi solusi praktis, tapi kalau kamu plesir ke negara dunia ketiga semisal Myanmar, yang bahkan ATM aja agak sulit ditemui, ada baiknya kamu berjaga-jaga dengan menukarkan sebagian rupiah kamu ke mata uang dollar amerika. Karena apa? Karena money changer di negara semacam ini biasanya tidak menerima penukaran dari dan ke rupiah. Well malahan saat di Myanmar beberapa pedagang di pasar pun menerima dollar amerika untuk pembayaran.

Last but not least nih, kalau kamu plesir sebisa mungkin habiskan uang sen saat belanja (sisaiin dikit aja buat koleksi). Pengalaman saya, saat kembali dari Malaysia, saya masih ada sisa uang sebesar RM481. Saat saya menukar di Golden Money Changer Bandung, lembaran RM50 dihargai kurs jual Rp. 3.635, sementara pecahan RM10 dihargai Rp. 3.435, dan RM1 dihargai Rp. 2.425, lumayan kan?

Semoga bermanfaat ya. Happy plesir!

*tulisan dari Haekal Adzani yang kemudian disadur dan ditambahkan beberapa info lainnya oleh saya

Advertisements

4 thoughts on “Tips mengambil uang via ATM di luar negeri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s