Plesir Cantik ke Pangalengan

Sehubung lagi minim jalan-jalan jauh, saya pun memutuskan untuk mencicipi destinasi yang ngga jauh-jauh amat dari Kota Bandung. Hmmm sebenernya Pangalengan ini lagi cukup hits di Instagram setelah kemunculan beragam foto aduhai ala ala live folk dan setelah ditelusuri di Pangalengan ini banyak tempat-tempat instagramable yang cukup layak untuk didatengin.

How to get there

Ada dua alternatif pilihan kalau kamu datang dari Kota Bandung. Pertama bisa ambil rute Buah Batu-Baleendah-Ciparay-Pacet-Cisanti-Pangalengan. Atau bisa juga dari Kopo-Soreang-Pangalegan. Kemarin karena kami mau ke Situ Cisanti dulu, jadi diputuskanlah menggunakan rute pertama dengan rute pulang Pangalengan-Banjaran-Dayeuhkolot-Moh Toha.

Waktu tempuh menggunakan motor sekitar 1.5 jam untuk sampai di Cisanti sedangkan 1.5 jam untuk rute pulang. Ke Pangalengan sebaiknya pakai kendaraan sendiri, karena kendaraan umum setahu saya cuma ada sampai Banjaran, selebihnya harus sambung dengan angkutan desa.

What to do

Lalu sebenernya apa sih yang bisa kita lakukan di Pangalengan ini? Dataran tinggi di selatan Bandung ini punya ragam tujuan asik yang bisa kita jajal, yuk simak berikut:

Situ Cisanti

Situ Cisanti at its best

Situ Cisanti at its best

Setelah melalui perjalanan panjang yang disuguhi dengan pemandangan super keren, kita akan tiba di Situ Cisanti. Memang sih seperti kebanyakan situ lainnya, tapi udara dan panorama yang ditawarkan ini luar biasa cantik.

Situ Cisanti ini agak kurang terawat dan terjaga, ngga ada papan retribusi resmi. Untuk masuk sini kami ditodong bayar Rp 20 ribu untuk dua orang dan sepeda motor. Selain itu sepertinya ngga banyak orang dateng ke sini, rata-rata yang datang emang-emang yang mau mancing di situ ini. Tukang dagang pun cuma ada satu. Tapi kalau mau camping di sini ada beberapa area yang bisa dipakai untuk mendirikan tenda.

Kebun Teh Kertasarie

Selepas dari Situ Cisanti, kami melanjutkan perjalanan menuju Situ Cileunca (tujuan awal kami) yang berjarak sekitar 20 kilometer. Jauh yha. Tapi tenang menuju Situ Cileunca kami masuk area perkebunan Kertasarie yang bagusssss banget! Asli sejuk dan sangat tertata kebun tehnya. Warganya kaya yang skoy banget hidupnya. Bikin iri.

Seger banget kaan pemandangannya

Seger banget kaan pemandangannya

Kami juga menemukan bangunan ala belande gitu dan ternyata itu pabrik teh Kertasarie yang dimiliki oleh PT London Sumatra. Bagunan bergaya kolonial ini ternyata masih aktif untuk pengolahan teh lho. Sayangnya kami ngga ada cukup waktu buat mampir dan liat-liat ke dalemnya.

Kertasarie Tea Fabric

Kertasarie Tea Fabric

Sejauh mata memandang, hijau hijau hijau

Sejauh mata memandang, hijau hijau hijau

Situ Cileunca

Setelah menempuh jarak 20 kiloan dengan pemandangan super keren, sampailah kami di sebuah danau yang sangat besaaar untuk ukuran ada di Bandung hehe. Masuklah kami ke Situ Cileunca dengan membayar Rp 7000 per orang dan parkir Rp 5000.

Situ Cileunca

Situ Cileunca

Beda dengan Situ Cisanti, di Situ Cileunca ini ramai pengunjung, bahkan kerap menjadi tujuan outing atau family gathering kantor-kantor. Atraksi yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari naik perahu, camping ground, hingga rafting.

Sedangkan saya sebenernya pengen nyari spot foto jembatan yang lagi hits (lagi-lagi) di Instagram. Ternyata kami harus keluar area Situ Cileunca dan menuju DAM Pulo. Dan sesampainya di sana, kami pun bisa puas nikmati sejuknya udara Pangalengan berpadu dengan hijaunya bukit, dan birunya langit. Tsaaahh eyegasm!

Jembata Cinta

Jembata Cinta

Jembatan ini sebenernya dibuat untuk akses warga antara desa di Situ Cileunca dengan daratan Pangalengan. Warnanya catchy ini bagus banget lho dijadikan objek foto. Konon kalau sore-sore rame jadi tempat kongko atau dua-duaan, makanya warga bilang ini namanya Jembatan Cinta.

Ngga terasa ternyata waktu udah menunjukkan jam 12 siang dan kami pun harus cuss kembali ke Kota Bandung. Oiya, untuk urusan kuliner rasanya ngga ada yang special dari Pangalengan ini. Jadi semisal kamu mau plesir cantik ke Pangalengan alangkah baiknya menyiapkan perbekalan buat di jalan maupun saat piknik.

Satu lagi, buat dapetin pemandangan misty di Pangalengan, disarankan untuk jalan dari Bandung ba’da Subuh karena emang semakin pagi semakin keren view-nya. Untuk penginapan, kamu bisa cari di area perkebunan teh, di sana banyak vila-vila yang disewakan.

Semoga tulisannya cukup memberikan ide buat piknik asik yess. Salam jalan jalan!

 

*ps: semua fotonya diambil tanpa pake filter lho he he~

 

Advertisements

2 thoughts on “Plesir Cantik ke Pangalengan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s