Menelusur Teluk Kiluan

IMG_5423

Teluk Kiluan sendiri berada di Kabupaten Tenggamus, Lampung Selatan. Meski masih selatan tapi jarak tempuhnya cukup lama. Dan kalau emang mau ngeteng sendiri dibutuhkan trik serta perjuangan ekstra. Berikut ulasan gimana sampai sana dan mau apa aja di sana.

How to get there

Dari Jakarta ada beberapa cara, pertama kita bisa naik Damri sampai Rajabasa Lampung. Tarifnya Rp. 205.000 dengan Damri Royal Class, yang ada bantal dan selimutnya. Cara kedua adalah naik bus ke Merak dari Slipi, tarifnya Rp. 20 ribu, tapi nanti kita bayar feri lagi Rp. 15 ribu. Dan masih harus mencari transportasi menuju Bandar Lampung. Ada banyak bus menuju Terminal Rajabasa, tarifnya kurang tau.

Meskipun lebih mahal, agaknya Damri masih jadi pilihan yang paling enak. Atau ya kalau mau bawa mobil sekalian dari Jakarta.

Naik Damri sampai Rajabasa disambung dengan mobil sewaan. Nah ini kemaren kata abang rental baiknya dijemputnya jangan di dalem pool damri karena petugasnya rese. Baiknya sih di Terminal Rajabasa atau di luar pool Damri.

Biaya rental mobil avanza Rp. 450 ribu antar dan jemput. Kalau kamu banyakan bisa sewa Elf sekitar Rp. 900 ribu. Ini kontak bapak rentalnya: Dyan Rent Car 0813 79717266.

Sangat disarankan booking 2-3 hari sebelum kedatangan.

Nah dari naik mobil rental perjalanan dilanjut jukung tarifnya Rp. 20 ribu untuk sampai pulau yang biasa diinepin.

Where to Sleep

IMG_5436

Banyak opsi, pertama bisa diriin tenda, bayarnya cuma Rp 30 ribu dengan catatan udah siap tenda sendiri. Kamar mandinya ada di toilet umum yang masih bersih dan baru pokonya ciamik deh WC duduk segala kok. Tapi ketersediaan air terbatas hehe.

Ada juga sewa villa yang gede isinya bisa 20-an orang harganya Rp. 750 per malam. Ada pula mini villa Rp. 200 ribu.  Oiya listrik juga cuma ada dari jam 6 sore hingga 6 pagi kalau bisa sedia power bank.

What to do

Di sini pertama kita bisa merasakan sensai naik jukung, kapal tipis yang kita ngga boleh terlalu motah hehe. Setelah itu sight seeing sekitaran pulau juga asik, berenang hingga ke pulau seberang juga seru.

Point of interest si Kiluan ini sebenrnya melihat habitat lumba-lumba, ini biasanya pas pagi-pagi naik jukung Rp. 300 ribu isinya bertiga udah sama pelampung. Nah ternyata ada hidden lagoon juga yang patut dikunjungi. Letaknya di balik pulau yang kita inepin. Ke sana harus pakai jukung juga tarifnya sama, tapi bisa nego aja untuk paket dolphin dan lagoon.

Tips liat lumba-lumba kalau bisa sih siap go pro, jangan berombongan jukungnya karena dolphin males berisik. Mengenai musim, kata mas jukung di sana selalu ada entah hujan atau kemarau, paling banyak ada di pagi hari kisaran jam 7-9. Bahkan teman saya kemarin berhasil merekam segerombolan lumba-lumba. Pokonya harus coba sih ini.

 

nunggu dolphin di lautan samudra hindia..cuma make jukung

nunggu dolphin di lautan samudra hindia..cuma make jukung

Untuk lagoon, tipsnya jangan motah berenangnya karena banyak karang di sekitarnya dan agak tajam.

 

courtesy: hogaristatour

courtesy: hogaristatour

Dan jika kamu mendambakan pure holiday tanpa hiruk pikuk dunia maya Kilua bisa jadi pilihan yang tepat. Dan jangan lupa untuk selalu jaga lingkungan di sana. Semoga saja gosip Kiluan mau dijual ngga bener yah dan Kiluan tetap bersahaja untuk siapa saja yang mengunjunginya.

Salam jalan-jalan!

Advertisements

One thought on “Menelusur Teluk Kiluan

  1. Pingback: Mengapung Sampai Kiluan di Float2Nature 2014 | weekend traveler blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s