Weekend Trip KL-SG 2013

379573_10201459792644535_700414394_n

Penantian panjang setelah pembelian tiket promo kursi 0 rupiah pun berakhir sudah. Kamis subuh, (6/6) akhirnya saya terbang dengan airasia menuju Kuala Lumpur. It was my fist abroad trip. Fortunately ngga jadi ngetrip sendirian karena Haekal dan Ihsan yang sediakalanya menyusul saya malahan sudah di KL sejak tanggal 4. Yes, jadiliah kami bertiga ini yang akan jalan-jalan di long weekend melancong ke negara tetangga.

Sebelum trip ini, saya rajin membaca blog dan melakukan riset kecil tentang negara yang akan dituju, tempat menginap, hingga proses imigrasi dua negara ini seperti apa. Mulai dari check in, boarding, masuk imigrasi Malaysia, Singapore dan kembali lagi alhmadulillah tidak ada halangan berarti. Everything was going as well as i expected. Bahkan ngaro isan pun lolos aja di imigrasi Singapore meskipun bawa roko šŸ˜€

First Stop – Batu Caves

Alur perjalanan selama lima hari adalah KL-SG-KL. Flight super pagi pun ternyata banyak manfaatnya. Saya yang hanya punya waktu satu hari di KL bisa mampir ke dua destinasi wisata favorit: Batu Caves dan Twin Tower.

Setibanya di LCCT, saya pun langsung meluncur dengan Aerobus ke KL Sentral. Inilah canggihnya negara makcik pakcik, mass transportation mereka sudah terintegrasi dengan baik, Bahkan mereka punya satu bangunan si KL Sentral ini yang menjadi pusat penghubung orang-orang dengan beragam moda transportasi. Kagum!

Oke, kembali ke Batu Caves. Setelah perjalanan satu jam, tiba di KL Sentral saya dijemput dua ngaro indon. Sarapan sejenak di McD kemudian menitipkan carrier di loker yang ada di KL Sentral. Biayanya hanya 5 RM untuk penyimpanan loker kecil sedangkan loker besar tarifnya 20 RM hingga tengah malam. See? mereka tau aja kebutuhan backpacker yang dateng ke negaranya.

Lanjut membeli tiket Commuter Line menuju Batu Caves sebesar 1RM. Yap, lagi-lagi dibuat senang dengan mass transportationnya. (Cerita tentang mass transportation KL mungkin di page lainnya hehe).

Setelah 30 menit perjalanan, akhirnya kami sampai di stasiun Batu Caves. Dilihat dari letak stasiun yang sangat dekat dengan objek wisata, pastinya pemerintah Malaysia sudah meng-integrasikannya sehingga mempermudah turis-turis yang ingin menikmati Batu Caves.

Hanya sekitar 100 meter dari stasiun, kami sudah tiba di lingkungan Batu Caves. Sebenarnya Batu Caves ini tempat ibadah kaum hindu yang kebanyakan datangnya dari kaum India. Jadi, kalau ingin berkomunikasi di sana siap-siap agak sulit mendengar aksen english india mereka.

So far, yang paling seru adalah ketika kita harus naikin ratusan anak tangga untuk sampai di caves-nya. Dari sana kita juga bisa lihat pemandangan sekitar Batu Caves yang sepertinya adalah wilayah industri.

Selebihnya yang menarik adalah patung-patung dewa-dewi yang berdiri super megah di sekitar Batu Caves.

Sekedar tips, jika datang siang hari jangan lupa membawa topi, sunglasses, dan air mineral. Karena untuk sampai ke puncak cukup membuat ngosh-ngoshan,

Second Stop – KL Suria – Twin Tower

Banyak yang bilang, belum ke Kuala Lumpur kalau belum datang ke twin tower petronas. Yaiyalah secara ini adalah landmark negara mereka. Maka dari itu sepulang dari Batu Caves, kami pun lanjut menaiki MRT menuju KL Suria atau Twin Tower.

Nah, kalau sebelumnya kami naik sejenis commuter line-nya, kali ini yang membawa kami menuju twin tower adalah MRT. Sampai di KL Sentral, kita tinggal antri untuk membeli token masuk MRT yang tarifnya disesuaikan dengan jarak.

Untuk keTwin Tower biayanya sekitar 2 RM saja. Stasiun yang dilewati pun tak terlalu banyak. Pilih saja tujuan KL Suria yang secara otomatis kita akan sampai juga di Twin Tower.

KL Suria sendiri merupakan mall yang letaknya di twin tower. Jadi jangan heran jika orang-orang juga menyebut twin tower dengan KL Suria. Sesampai di twin tower, kami pun berfoto-foto sejenak. Berhubung cuaca mendung, kami pun menuju KL Suria untuk sekedar berteduh sambil mencari cemilan. Mall-nya sih so so, mirip mall mall di Jakarta dan lagi sepi diskon, jadi deh ngga bisa banyak diceritain.

Setelah KL Suria dan Twin Tower perjalanan lanjut di page selanjutnya yah ..